Saturday, April 13, 2013

Pariwisata Kota Sebiduk Semare


Akhir-akhir ini saya sering banget bolak-balik Palembang-Linggau, Bukan karena udah nggag tahan di Palembang jadi bolak-balik Palembang-Linggau, bukan juga karena saya kebanyakan uang, bukan juga karena pacar saya di Linggau #eh *Kode :D  Tapi karena saya lagi ngerjain tugas dari kampus mengenai Kebudayaan dan Pariwisata di Kota Lubuklinggau.

Waktu saya dateng kekantor dinas kebudayaan dan pariwidata kota lubuklinggau awalnya saya  takut banget, takut ngggag dibolehi, takut ngadepi para pegawai kantor tersebut dan berbagai rasa takut lainnya :(  Ternyata semua diluar dugaan saya, proses pengambilan data pun berjalan dengan lancar. #horeee.

So, dari pada tugas saya jamuran didalam laptop mending saya share.
Sekalian buat promosi objek wisata yang ada di Kota Lubuklinggau dan bisa nambah informasi buat kalian yang bingung mau liburan kemana :) #Modus

Motto Kota Lubuklinggau itu SEBIDUK SEMARE 
Sebiduk    : Berasal dari Bahasa Sumatera Selatan yang berarti satu perahu
Semare     : Berasal dari Bahasa Linggau yang berarti satu tempat pertemuan beberapa aliran sungai.
Sehingga  : Sebiduk Semare dapat diartkan bahwa masyarakaat Kota Lubuklinggau senatiasa bekerja sama dalam satu wadah untuk mencapai suatu tujuan, yaitu menyukseskan pembangunan kota disegala bidang.

Kalau denger kata lubuklinggau pertama sekali yang ada dipikiran saya itu Bukit Sulap. Bukit sulap itu salah satu ikon pariwisata dikota Lubuklinggau.  Selain bukit sulap masih banyak lagi objek wisata yang ada diKota Lubuklinggau

Berikut ini Objek Wisata Kota Lubuklinggau :
1. Bukit Sulap.
kalau inggat bukit sulap  jadi ingat SMA. 3 Tahun SMA 3 kali mendaki bukit sulap *pro-prok*. Kawasan bukit sulap ini terletak ± 2 km dari pusat kota. Ketinggian bukit sulap ±
700 m dari permukaan laut. membutuhkan ±

1,5 jam berjalan kaki melalui jalan setapak dan tanah untuk sampai puncaknya. Dari puncak bukit sulap ini kita dapat leluasa memandang keindahan alam Kota Lubuklinggau, apa lagi dimalam hari akan lebih menarik. Yang tidak kalah menarik dilereng Bukit Sulap terdapat sungai dengan air yang bening sungai itu diberi nama Sungai Kasie. Dilereng bukit sulap juga terdapat situs berupa  4 buah kuburan, kuburan tersebut diberi nama Kuburan Bujang Kurap. Bahkan oleh masyarakat Lubuklinggua dan Musi Rawas sudah dikeramatkan. 

 2. Air Terjun Watervang 
Nah, kalu tempat satu ini nama linggaunya itu "Danau Raye Watervang" Tempatlah bujang ngedehe memadu cinte. (Tempat pacaran).
Luas bendungan ini ± 8.000 ha. Objek wisata ini terletak ±5 km ke arah timur pusat kota Lubuklinggau. Untuk mencapai objek wisata tersebut hanya memerlukan waktu ±15 menit dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.



3. Air Terjun Temam 2
Kalau lagi dilinggau ingin ketempat yang alami, air tejun temam 2 ini tempatnya.Tempat ini mampu memberikan nuansa tersendiri bagi wisatawan untuk bersantai melepas lelah sambil menikmati keindahan alam yang terdapat disekitar Objek Wisata Air Terjun Watervang Temam 2.
Objek wisata ini berlokasi ± 11 km kearah selatan dari pusat Kota Lubuklinggau dikawasan Kelurahan Air Temam kecamatan Lubuklinggau Selatan.

4.Air Terjun Mesat
*Maaf  belum ada foto*. Kawasan objek wisata ini terletak diKelurahan Air Temam Kecamatan Lubuklinggau Selatan1. ± 9 km kearah Selatan kepusat Kota Lubuklinggau, hanya membutuhkan waktu ± 20 menit dengan mengunakan kendaraan roda 2 datau 4.
Diatas air terjun ini terdapat sebuah jembatan untuk menuju kantor Lurah Air Temam dan Kantor Lurah Rahma. Lingkungan objek wisata ini masih alami jauh dari polusi, sehingga dapat memberikan kesegaran dan kesejukan kepada para wisatawan.

5.Air Terjun Pelegan
Lokasi air terjun ini diblok 51 Rt.7 Kelurahan Air Temam Kecamatan Lubuklinggau selatan1, ± 14 km ke dari arah selatan pusat Kota Lubuklinggau.
Air terjun ini belum begitu dikenal oleh masyarakat umum dan masyarkat diblok 51 karena belum sepenuhnya dibangun atau dikembangkan oleh pemerintah kota Lubuklinggau.
Bagi pengunjung yang hobby mancing dapat melakukan aktifitasnya dengan tenang, sambil duduk-duduk dibawah pohon rindang ditepi air terjun, konon ceritanya masih banyak terdapat ikan-ikan yang besar ditempat itu.

6.Air Terjun Curug Layang
Air Terjun Curug Layang berada di Kelurahan Jukung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, ± 4 km dari perkampungan, ±20 km dari pusat Kota Lubuklinggau, dengan ketinggian 6 m dihiasi batu alam dan batuan cadas berbentuk gua alam yang terbentuk akibat kikisan air sungai sehingga terlihat alami.

7.  Air Terjun Ta’li Lubuklinggau
Air Terjun Ta’li Lubuklinggau terletak di Kelurahan Taba Baru, Kecamatan Lubuklinggau Utara, ±30 km dari Pusat Kota Lubuklinggau, di kawasan Bukit Langkap, ketinggian air 100 m yang terdiri dari 4 tingkat; pada tingkat ke empat terdapat Gua Alam.   
Air tejun Ta'li dinamakan Air Terjun Ta'li karena berasal dari aliran sungfai Ta'li yaitu sungai yang kecil dan aliran sungai yang panjang menuju kearah air terjun tersebut.


8. Museum Sriwijaya Subkoss Garuda
Museum Subkoss Garuda merupakan Museum perjuangan Rakyat Sumatera Selatan, diresmikan pada 1988 sebagai museum perjuangan dengan arsitektur tradisional. Luas bangunan ini  ±1.700 m^2, terletak dipusat kota lubuklinggau mudah untuk dicapai.






 9.Tanaman Lingge
Lubuklinggau yang dikenal dengan Kota “ Sebiduk Semare” mempunyai tanaman khasnya yang disebut tanaman Lingge (dalam bahasa daerah) dan tanaman Linggau(dalam bahasa Indonesia). Tanaman ini sudah lama menghilang dan tidak diketahui dimana keberadaannya bagaimana bentuknya dan apa manfaatnya.
Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Lubuklinggau berupaya untuk menemukan kembali tanaman lingge ini agar dapat diketahui oleh masyarakat Kota Lubuklinggau khususnya dan masyarakat pada umumnya. *Jujura aja saya nggag tau sama tanaman lingge ini :(

Semoga bermanfaat :)
Tunggu Posting selanjutnya mengenai Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lubuklinggau.

Baca juga :
Buat yg ingin menadapatkn beasiswa, seleksi CPNS tahun ini Tapi skor toefl belum memenuhi persyaratan, ini solusinya  CaraJawab.com (BONUS 22 eBook TOEFL GRATIS)

8 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'pariwisata', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    PARIWISATA
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Banyak banget wisata air terjunnya....

    ReplyDelete
  3. bagus banget nampaknya air terjun temam 2 nya... oh iya mau tanya punya daftar hotel di kota lubuk linggau ga (alamat dan no teleponnya)... untuk persiapan menginap... terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja di www.agoda.com tarif, fasilitas dan pemesanan kamarnya ada web tersebut.
      Daftar hotel-hotel bintang yg ada dilinggau Smart hotel, Sempurna, Lingaau,
      Citra, Hakmaz Taba Syariah, Lintas Sumatra, Abadi Hotel dll. sama-sama :)

      Delete
  4. Bulan kemaren aku ke linggau, itu adalah pertama kali aku kesana keren bener uii, nanti insyallah aku psting tentang linggau juga dah

    ReplyDelete